Rabu, 14 Januari 2015

Soal-soal Tugas softskill mata Kuliah Pengantar Bisnis

Tugas
1.    Jelaskan Perbedaan antara Bisnis dengan Perusahaan ?
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Perusahaan adalah badan usaha berbentuk badan hukum atau tidak berbadan hukum yang menjalankan perdagangan barang atau jasa atau haki dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.    Apa yang dimaksud dengan Franchising ?
Franchising adalah suatu bentuk bisnis yang menggunakan sebuah merk dagang yang sudah ada dan kemudian membeli lisensi merk dagang tersebut dengan tujuan ingin membuat suatu bisnis yang sama dengan merk dagang tersebut.

3.    Jelaskan mengenai Perusahaan Perseorangan, Firma, Comanditaire Venootschap (CV), Perseroan Terbatas (PT), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Koperasi , dan Jelaskan Masing-masing Perbedaannya ?
o   Perusahaan Perseorangan                   : Suatu bentuk usaha yang hanya dimiliki oleh satu orang dan serta bertanggung jawab penuh kepada usahanya tersebut.
o   Firma                                                  : Suatu bentuk usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dimana setiap pemilik memiliki tanggung jawab, keuntungan dan kerugian yang sama.
o   Comanditaire Venootschap(CV)        : Suatu bentuk usaha/persekutuan antara dua orang atau lebih yang sebagian pemiliknya memasukkan modal dan pemilik lainnya menjalankan aktifitas perusahaan.
o   Perseroan Terbatas(PT)                       : Suatu bentuk usaha yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.
o   Badan Usaha Milik Negara(BUMN)  : Suatu bentuk usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah.
o   Koperasi                                              : Suatu bentuk usaha yang berdasarkan atas asa kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya.

4.     Apa yang dimaksud Pemasaran ?
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.

5.     Sebutkan 7 Variabel Pemasaran ?
·         Produk (Product)
·         Harga/tarif (Price)
·         Tempat (Place)
·         Promosi (Promotion)
·         Orang (People)
·         Sarana Fisik (Physical Evidence)
·         Proses (Process)

6.     Jelaskan Mengenai Manajemen Produksi ?
Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

7.     Jelaskan Perbedaan antara Manajemen Pemasaran dengan Manajemen Produksi ?
Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang di produksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.
Proses manajemen produksi adalah penggabungan seluruh aspek yang terdiri dari produk, pabrik, proses, program dan manusia.
lstilah-istilah yang biasa digunakan dalam manajemen produksi yaitu produksi, produk, produsen, produktivitas, proses produksi, sistem produksi, perencanaan produk, perencanaan produksi, dan luas perusahaan.

8.     Jelaskan Hakikat Bisnis International ?
Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional. Adapun transaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade). Dilain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam sutu Negara dengan perusahaan lain atau individu di Negara lain disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasional.

9.     Jelaskan alasan Menjalankan Bisnis International ?
Tidak ada satu Negara pun didunia yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk yang dihasilkan oleh Negara itu sendiri. Tidak ada suatu Negara pun yang dapat memenuhi 100% swasembada. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam modal maupun sumber daya manusia.

10.                        Gambarkan Konsep Sistem Pemasaran ?

                             
https://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-materikuliah/manajemen-pemasaran/

1 komentar: